Menurut Fahelvi (2014) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pendidikan formal yang memiliki pola pelatihan khusus untuk mengarahkan peserta didik agar menjadi lulusan yang siap terjun secara profesional dan ikut bergerak di dunia usaha atau perusahaan.
Reza Fahlevi (2014). Hubungan Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Program Keahlian Teknik Pemesinan Smk Muhammadiyah 1 Muntilan Dengan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Tahun Ajaran 2013/2014 . Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarata 2014
Menurut UU Sistem Pendidikan Nasional pasal 15 Depdiknas (2006: 8) disebutkan bahwa Pendidikan Kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk bekerja dalam bidang tertentu. Untuk menunjang tujuan ini, dirancang Pendidikan Sistem Ganda (PSG), sebagai perwujudan kebijaksanan dan Link and Match . Dalam prosesnya, PSG ini dilaksanakan pada lembaga (tempat) yaitu di sekolah dan di dunia kerja. Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu tamatan SMK dalam menciptakan relevansi pendidikan dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja.
Depdiknas. (2006). UU Sistem Pendidikan Nasional pasal 15. Jakarta: Depdiknas.
Tujuan SMK dalam kurikulum SMK Dikmenjur (2008: 9) yang menciptakan siswa atau lulusan:
Dikmenjur. (2008). Kurikulum SMK. Jakarta: Dikmenjur.
Reza Fahlevi (2014). Hubungan Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Program Keahlian Teknik Pemesinan Smk Muhammadiyah 1 Muntilan Dengan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Tahun Ajaran 2013/2014 . Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarata 2014
Menurut UU Sistem Pendidikan Nasional pasal 15 Depdiknas (2006: 8) disebutkan bahwa Pendidikan Kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk bekerja dalam bidang tertentu. Untuk menunjang tujuan ini, dirancang Pendidikan Sistem Ganda (PSG), sebagai perwujudan kebijaksanan dan Link and Match . Dalam prosesnya, PSG ini dilaksanakan pada lembaga (tempat) yaitu di sekolah dan di dunia kerja. Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu tamatan SMK dalam menciptakan relevansi pendidikan dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja.
Depdiknas. (2006). UU Sistem Pendidikan Nasional pasal 15. Jakarta: Depdiknas.
Tujuan SMK dalam kurikulum SMK Dikmenjur (2008: 9) yang menciptakan siswa atau lulusan:
- Memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap professional.
- Mampu memilih karier, mampu berkompetensi dan mengembangkan diri.
- Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha/ dunia industri saat ini dan masa yang akan datang.
- Menjadi tenaga kerja yang produktif, adaptif dan kreatif.
Dikmenjur. (2008). Kurikulum SMK. Jakarta: Dikmenjur.
Sangat bermanfaat untuk kami yang sedang menyusun laporan PKL.
BalasHapus