Menurut Wardiman (1998:79), Praktik Industri adalah implementasi konsep pendidikan kejuruan
yang memadukan program belajar mengajar di sekolah dan program penguasaan
keahlian yang diperoleh melalui bekerja langsung di dunia usaha atau dunia
industri dan dilakukan secara sistematis, sinkron dan terarah untuk mencapai
suatu tingkat keahlian professional.
Wardiman Djojonegoro. (1988). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta : PT Jayakarta Agung
Offset.
Oemar Hamalik (2005) mengemukakan bahwa Praktik Kerja Industri adalah suatu tahap
persiapan profesional dalam rangkaian kegiatan pembelajaran sebagai bagian
program integral studi dimana seorang siswa yang hampir menyelesaikan masa
Oemar Hamalik. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Menurut Pardjono (Zamzam Zawawi, 2012), Prakerin merupakan bagian dari pendidikan sistem ganda yang merupakan inovasi pendidikan SMK yang mana siswa melakukan magang
(apprenticeship) di industri yang relevan dengan kompetensi keahliannya selama
kurun waktu tertentu.
Zamzam Zawawi. (2012). “Pengaruh Unit Produksi, Prakerin dan Dukungan
Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi
(Volume 2, Nomor 3). Hlm 397-409.
yang memadukan program belajar mengajar di sekolah dan program penguasaan
keahlian yang diperoleh melalui bekerja langsung di dunia usaha atau dunia
industri dan dilakukan secara sistematis, sinkron dan terarah untuk mencapai
suatu tingkat keahlian professional.
Wardiman Djojonegoro. (1988). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta : PT Jayakarta Agung
Offset.
Oemar Hamalik (2005) mengemukakan bahwa Praktik Kerja Industri adalah suatu tahap
persiapan profesional dalam rangkaian kegiatan pembelajaran sebagai bagian
program integral studi dimana seorang siswa yang hampir menyelesaikan masa
Oemar Hamalik. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Menurut Pardjono (Zamzam Zawawi, 2012), Prakerin merupakan bagian dari pendidikan sistem ganda yang merupakan inovasi pendidikan SMK yang mana siswa melakukan magang
(apprenticeship) di industri yang relevan dengan kompetensi keahliannya selama
kurun waktu tertentu.
Zamzam Zawawi. (2012). “Pengaruh Unit Produksi, Prakerin dan Dukungan
Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi
(Volume 2, Nomor 3). Hlm 397-409.
Sangat bermanfaat untuk kami yang sedang menyusun laporan PKL.
BalasHapus