Menurut (Sukirman S. , 1999) berdasarkan bahan pengikatnya, konstruksi perkerasan jalan dapat dibedakan atas :
DAFTAR PUSTAKA
Sukirman, S. (1999). Kontruksi Perkersan Jalan. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova.
- Konstruksi perkerasan lentur (Flexible Pavement). Perkerasan yang menggunakan aspal sebagai bahan pengikatnya. Lapisan-lapisan perkerasan bersifat memikul dan menyebarkan beban lalu lintas ke tanah dasar.
- Konstruksi perkerasan kaku (Rigit Pavement). Perkerasan yang menggunakan semen (Portland Cement) sebagai bahan pengikatnya. Pelat beton dengan atau tanpa tulangan diletakkan diatas tanah dasat dengan atau tanpa lapis pondasi bawah.Beban lalu lintas sebagian besar dipikul oleh pelat beton.
- Konstruksi perkerasan komposit (Composite Pavement). Perkerasan kaku yang dikombinasikan dengan perkerasan lentur dapat berupa perkerasan lentur diatas perkerasan kaku atau perkerasan kaku diatas perkerasan lentur.
DAFTAR PUSTAKA
Sukirman, S. (1999). Kontruksi Perkersan Jalan. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova.
Komentar
Posting Komentar